PELATIHAN DA'I

Posted by


PELATIHAN DA'I
( PROGRAM REGULER PENDIDIKAN & DAKWAH )

Yayasan Bani Mukhtar


DIKLAT DA'I PROFESIONAL
(YANG VISIONER DAN BERKARAKTER)


Maraknya asusila, kriminalitas dan obat-obatan terlarang kian merajalela di bumi pertiwi yang kita cintai ini, di tambah angka kemiskinan dan kesengsaraan yang semakin meningkat.
Maraknya perilaku kedzaliman diatas dilatar-belakangi oleh minimnya pengetahuan mereka terhadap agama sehingga mengalami dekadensi moral dan akhlaq yang rusak.

....” dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman.” (QS. Al Qhashash, 28 : 59).

Dan baiknya perilaku masyarakat itu ditandai dengan pahamnya mereka terhadap agama ini, sebagaimana sabda Rasulullah saw :
“Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan (pada manusia), niscaya Allah akan pahamkan dia di dalam urusan agamanya.” (HR Bukhari dan Muslim)


Tidaklah salah jika kita menilai satu sisi yang sangat mendasar dari itu semua, yaitu minimnya pengetahuan mereka akan ilmu agama.

Meskipun sebagian mereka itu paham akan perintah dan larangan akan tetapi justru mereka tidak mampu mengolah dan bertindak pada keimanan itu sendiri sehingga kadang keimanan yang tersembunyi itu perlu di rangsang dengan cara menawarkan bahkan mengajak mereka mendatangi majelis-majelis zikir atau majelis ilmu.

Dan salah satu wujud kongkritnya (nyata) adalah kita membangun kembali dakwah, sebagaimana yang pernah di lakukan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam dan para sahabat.
Rasul dan para sahabat membangun moral dan mental serta perilaku masyarakat yang jahiliyyah saat itu dengan dakwah, menyebarkan para Da’i (mualim dan murabbi) untuk menyampaikan dakwah kepada masyarakat yang rusak.

“ Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang Rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al-Kitab dan As-Sunnah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata.”  (Ali ‘Imraan:164).

Sehingga dengan jalan itulah keadaan masyarakat bisa di ubah dan di perbaiki, bahkan mereka menjadi umat terbaik yang pernah di sebutkan oleh Allah Azza wa Jalla didalam Alqur’an.

"Kalian adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan melarang yang mungkar dan beriman kepada Allah, dan kalau sekiranya ahlul kitab beriman, tentulah hal itu lebih baik bagi mereka, diantara mereka ada orang-orang yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik (Q.s. Ali Imran ayat 110.)

Kedzoliman dan kerusakan yang ada bukan berarti tidak mungkin karena kurangnya tenaga Da’i yang ada, oleh karena itu kami mengajak kaum muslimin dan remaja atau pemuda khususnya bergabung dengan kami dalam diklat pelatihan Da’i pada bulan juni 2015.
Yang nantinya kader Da’i ini kita sebar di masjid-masjid, akademik, kota-kota dan plosok.

*Ust. Andri K (DDII) & Ust. Fahim (Mudir Ponpes Al- Mustaqballana) Selaku pembicara


*Ust. Fahim ( Da'i yang berkarakter & Visioner)


*Peserta dari kelompok Ikhwan (Laki) dan Akhwat (Perempuan)


*Ust. Farid Anwar (Retorika Dakwah)


*Peserta pelatihan Da'i profesional berpose ( selesai diklat)




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21.22

1 komentar: