PENTINGNYA KEBERADAAN WADAH SOSIAL

Posted by


PENTINGNYA KEBERADAAN WADAH SOSIAL
(SEBAGAI MEDIA ANTARA AGHNIYA' DAN DHUAFA)

Penyerahan satu ekor sapi oleh yayasan Bani Mukhtar kepada ponpes Tahfidzul Qur'an yatim piatu Al-Lail, sebagai media ( sarana ) dari pihak Aghniya ( Demawan ) yang telah menyerahkan Nadzarnya dalam wujud satu ekor sapi kepada yayasan Bani mukhtar.

PENTINGNYA KEBERADAAN WADAH SOSIAL
(Sebagai Keseimbangan Hidup)


Keberadaan wadah sosial bagi masyarakat sangatlah penting, dia akan menjadi solusi ketika masalah sosial muncul.

Katakan saja; ternyata jika semua masyarakat ini ber-individukan orang kaya ( tidak ada kemiskinan ) semua masalah (Problem) akan timbul lebih banyak bagi si kaya.

Betapa tidak? mereka akan kehilangan fungsinya sebagai orang kaya, tidak ada orang yang mau menolongnya menjadi asisten atau pembantunya sehingga akhirnya harus bekerja keras sendiri.

Kesulitan mencari mustahik (sipenerima sedekah) sehingga tidak mendapat ridhonya Allah ta’alaa, bahkan kembali kepada kemiskinan lantaran tidak ada yang menolong sebagai tenaga buruh.

Allah Azza wa Jalla sang maha berilmu menciptakan adanya dua keadaan; malam dan siang, laki dan perempuan, kegelapan (dzulumat) dan cahaya (An Nur), kuat dan lemah, kaya dan miskin alhasil semua itu adalah agar terciptanya keseimbangan dan jalan keluar.

Tiadakah mereka itu merenungkan Al Qur’an? Seandainya Al Qur’an itu ( berasal ) dari selain Allah, tentu mereka akan menemukan banyak pertentangan di dalamnya ( AN NISA 4 : 82 ).

Jadi Allah Tabaroka wa Ta’ala sengaja menciptakan dua keadaan agar terjadi keseimbangan dan keadilan, maka disini jelaslah bahwa setiap dua keadaan itu pasti memiliki fungsi masing masing bahkan satu keadaan yang dinilai oleh manusia itu buruk justru menjadi fungsi yang baik bagi yang lain.

Oleh karena itu keberadaan wadah (lembaga & yayasan) sosial sangat penting sebagai sarana (media) antara si kaya dan si miskin sebagai kelangsungan dalam menjalankan perintah Allah.




Demo Blog NJW V2 Updated at: 07.45

0 komentar:

Posting Komentar