TANGGAP BENCANA ALAM

Posted by

TANGGAP BENCANA ALAM



Tanggap Bencana Gunung Kelud
23 Pebruari 2014

Beberapa hari setelah gunung Kelud meletus kami (pengurus YBM)  berpikir sejenak, akankah YBM peduli terhadap mereka, jika Ya bagaimana (logistik dan sarpra belum siap) ? tapi bagi temen-temen yang lain sudah memotivasi untuk segera mengalang dana, baju bekas, sembako, makanan instan dan makanan siap saji.

Akhirnya YBM membuat proposal penggalagan dana dan logistik seadanya, namun Alhamdulillah ada beberapa warga dan sebagian takmir masjid Gresik Kota Baru (GKB) serta warga perum Pondok Permata Suci (PPS) di sekitar sekretariatan YBM merespon masalah sosial ini.

Dengan gerak cepat, sehari setelah penggalangan logistik malamnya kami mulai packing barang-barang yang terdiri dari sembako, baju bekas layak pakai, mie instan dan beberapa makanan siap saji, tidak ketinggalan air mineral kemasan.

Pagi hari YBM berangkat bersama teriknya matahari pagi, dengan membawa 3 alat transportasi yaitu satu mobil box untuk logistik sedang 2 mobil lainya untuk crew.

Berhenti di salah satu posko (relawan dari PKS) yang ada di kediri kami berusaha mencari informasi untuk rute masuk ke titik target,  Alhamdulillah... peta sudah kami dapatkan dan berhenti di balai desa Satak, desa inilah akhirnya kita akan menurunkan & membagikan bantuan bencana alama kepada korban erupsi.

Sebelum sampai ketitik target kami sempat berhenti dan melapor di balai desa Satak yang  terlihat berkerumun para relawan dan ada satu petugas dari kepolisian di situ, kami berencana meminta tolong agar relawan yang ada di posko membantu memandu kami untuk menyampaikan bantuan ke para korban erupsi, mereka menolak malah mereka meminta kepada kami untuk menurunkan bantuan di posko tersebut. Tapi kami tidak memperkenankan, kami beralasan bahwa titipan bantuan ini harus sampai kepada korban secara langsung.

Salah seorang dari crew YBM memberi tau kepada kami jika bantuan di serahkan ke posko akan tertimbun lama sedang korban yang berada di posisi atas terisolasi oleh keadaan sulit untuk menemukan kebutuhan.

Ketika hendak beranjak berangkat ke atas,  salah satu petugas polres kediri menawarkan diri membantu memandu kami ke daerah titik target, kemudian kamipun berangkat dengan perasaan lega (tidak was-was).

Ada 4 titik target yang hendak kita berikan bantuan meskipun kami lupa mencatat nama tempat itu tapi kami punya dokumentasinya.

*Packing bantuan logistik



*Berangkat pagi, sampai didaerah kediri berhenti untuk cari informasi



*Balai desa satak



*Setiap gambar/foto kita akan melihat warna tanah di daerah Kediri berwarna abu-abu keputihan itu erupsi (wedus gembel) yang bisa membunuh siapapun termasuk tanaman dan pepohonan ketika keluarnya bersamaan dengan letusan gunung merapi.


*Titik targer 1



*Titik target 2
paling lama berhenti di titik ini karena banyak warga korban gunung Kelud tinggal di tempat ini, kami pun memberi bantuan paling banyak di titik ini termasuk pakaian.







*Target dititik 3


*Targer dititik 4


Semoga kerja keras para personal yang tergabung dalam kepanitiaan ini mendapatkan segala kemudahan karena telah memudahkan saudaranya dari kesulitan, Aamiin Yaa Rabbal 'alamin.




Demo Blog NJW V2 Updated at: 19.44

0 komentar:

Posting Komentar