Posted by




KATA ROSULULLAH : 

CINTAILAH ORANG MISKIN

 



Program Reguler
Peduli Dhuafa

Menjadi hal aneh pada hari ini jika ada orang yang senang hidup pas pasan, namun tidak bagi RASULULLAH saw.
Lihatlah sang sosok pemimpin orang mukmin itu...

Beliau ( Rasulullah ) bukan tidak bisa hidup kaya , ketika pasca perang Hunain bertumpk tumpuk yang namanya Ghonimah ( harta rampasan) dari orang musyrik bahkan bisa di bilang ghonimah perang Hunain adalah harta rampasan terbesar dari ghonimah dari perang perang sebelumnya.

Sampai sampai para istri Rasul sangat tergiur untuk memilikinya hingga turun wahyu kepada Rasulullah saw.

"Hai Nabi, katakan pada istrimu jika kalian menginginkan dunia dan perhiasannya maka marilah akan ku berikan mut'ah dan kuceraikan dengan cara yang baik. Dan jika kamu menghendaki akhirat maka sesungguhnya Allah menyediakan bagi siapa yang berbuat baik di antara kalian dengan pahala besar," 
( Q.S Al Ahzab 28-34 )

Nabi langsung menemui istri-istrinya dan membacakan ayat ini. Semua istri beliau sepakat tetap berada di sisi beliau hingga akhir hayat karena menghendaki pahala yang besar dari pada hidup bergelimang harta namun di cerai oleh Rasulullah saw. 

Kemana harta rampasan yang terdiri 40.000 kambing dan 24.000 onta serta gundukan perak dan harta benda lainya ? Rasul membagi bagikan bagi mereka yang mau masuk Islam setelah selesai perang hunaian dan para sahabatpun khususnya sahabat anshar yang tidak di berisama sekali oleh Rasulullah saw.

Termasuk kehidupan para sahabat adalah kehidupan yang sangat sederhana (pas pasan)

Namu tidak di hari ini , hidup miskin (pas pasan ) adalah sebuah hidup yang menghinakan , tidak ada derajat ( sehingga orang berpaling ),dan kesengsaraan .

ya.!!.hari ini tidak ada orang yang bisa hidup seperti zamanya nabi karena sistem yang kita ikuti secara tidak sadar menggiring manusia kepada kehidupan materi.

Beda pada zaman nabi dan para sahabat serta pengikutnya ketaqwaan merupakan prinsip hidup yang harus di buru hingga mengalahkan keinginan nafsunya dalam memiliki dunia.

Tapi meskipun demikian kita tidak boleh mencela jika ada saudara kita yang ingin hidup kaya, yaa..Alhamdulillah semoga dengan kekayaan itu bisa menjadi wasilah ( sarana) untuk membantu saudaranya yang lemah.

Bahkan sebuah amalan yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah saw ;

" Barang siapa yang menghilangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin,maka Allah akan menghilangkan baginya satu kesusahan (kesengsaraan) di akherat".
(HR.Bukhori no 2699)

"...kumpulkan aku bersama orang -orang miskin di hari qiamat" Aisya r.a bertanya : mengapa wahai Rasulullah??

Rasulullah menjawab : " Orang-orang miskin itu masuk surga 40 tahun sebelum orang-orang kaya memasukinya.

wahai Aisyah janganlah engkau menolak orang miskin walau hanya dengan memberi sebelah kurma.

"Wahai Aisyah , cintailah orang miskindan dekatlah dengan mereka maka Allah pun akan mendekatimu pada hari qiamat".
(HR. Tirmidzi no 2352 Hadits sahih)

Jika demikian maka dekatlah kepada mereka jangan kita memandang (bersikap) kepada mereka (orang miskin /dhuafa) sebagaimana kebanyakan orang zaman sekarang ini yang bermuka masam ketika bertemu dengan mereka,apalagi menolong padahal mereka mukmin..na'udzubillahi mindzalika.

Bergabunglah bersama dengan YBM (yayasan Bani Mukhtar) dan daftarkan diri sebagai donatur via online di www.banimukhtar.or.id.








Santunan bagi keluarga miskin



  

Bantuan Usaha Kecil
















Bantuan Dana untuk Dhuafa




Demo Blog NJW V2 Updated at: 23.08

0 komentar:

Posting Komentar