BAMPALA ( Cinta Alam Dan Lingkungan )

Posted by

  BAMPALA
  Bani Mukhtar Pecinta Alam
  (Cinta Lingkungan)





02 Mei 2017
Cinta Alam (lingkungan)

Cinta alam & lingkungan bukan hanya hobi (kesenangan) bahkan hal ini adalah perintah ( syar’i ) agar kita cinta kepada makhluk Allah yang lain , seperti hewan dan alam, atau makhluk Allah yang lain yang memang tidak ada perintah untuk merusaknya ( kecuali membunuh hewan yang berwarna hitam dan bertaring).

BAMPALA ( Bani mukhtar pecintah Alam ) dengan sepak terjang kegiantan sangat antusias terhadap alam untuk mentaddaburi (merenungkan) ciptaan ciptaan Allah yang bertujuan  untuk semakin mensyukuri atas segala nikmat yang telah di ciptakan oleh Allah SWT dan semakin tunduk beribadah kepada-NYA.





Bukankah dengan adanya alam kita bisa hidup ? bisa mengkonsumsi buah buahan,bisa meminum airnya yang sangat segar, bisa membangun tempat tinggal dengan bahan dari sumbar alam yang ada (kayu,semen,batu bata,air,besi,aluumunium) yang semuanya tidak kita dapatkan kecuali dari ciptaan--NYA dalam wujud  alam ( baku) meskipun kita harus mengolahnya terlebih dahulu.

Di samping alam yang indah (pegunungan )  tidak hanya bisa kita merenungi kehebatan sang pencipta , namun alam bisa kita jadikan sebagai media untuk melatih dan mengolah potensi kita dalam mengukur kekuatan jasad (kekuatan tubuh)  menjelajah dan melintasi yang akhirnya bisa memberikan kesehatan dan kepuasan akan romantisnya antara manusia dan alam sebagai ciptanaan-NYA.










Gerakan Cinta alam (lingkungan)

Alam adalah ciptaan Allah yang harus kita sayangi sebagai mana kita menyanyangi ciptaan Allah yang lain, banyak di antara orang orang atau kelompok kelompok yang menyebut drinya sebagai pencinta alam namun di sisi lain mereka bukanlah pecinta alam sejati.

Sering kali , ketika mereka menjelajah atau mendaki alam pegunungan kita menjumpai mereka ini bersikap jorok (jahat)  terhadap alam seperti berak di sembarang tempat tanpa terlebih dulu membuat lubang untuk tempat pembuangan yang kemudian di kubur kembali dangan menimbun tanah atau pasir di atasnya, kencing di sembarang tempat tanpa menyiramnya, membuat coret-coretan di pohon dengan menggunakan pisau, membuang sampah sembarangan sehingga sampah berserakan di sana sini setelah mendirikan tenda dan bermukim, mengisi waktu luangnya dengan yang tidak bermanfaat (tidak berdzikir atau bertasbih sebagai mana hewan dan alam ini senantiasa bertasbih kepada Allah).

Mestinya adab adab itu harus di jaga, jangankan sampah plastik kresek atau bungkus mie instan... bungkus  permen yang kita makan tidak boleh di buang sembarangan melainkan di masukan kedalam kantong celana terlebih dahulu (ketika sambil menjelajah alam) kemudian setelah selesai kita kumpulkan dengan sampah sampah lain kemudian di gali tanah sebagai tempat tampungan bungkus bekas sampah lain lalu kita kubur.





Setelah selesai alam terlihat bersih dan indah,tidak saja sejuk di mata namun dengan berbuat secara ikhlas insyallah semua akan menjadi amal sholeh... subhanallah.
Dengan demikian Kesenagan dunia  kita dapat , masa depn akherat pun tidak ketinggalan
Takbir..!! Allahu Akbar !!






Demo Blog NJW V2 Updated at: 13.39

1 komentar: