OBOR 2 TRAINING OUTDOR PESANTREN KILAT YATIM & DHUAFA

Posted by






OBOR 2



Pandu Training and Adventure
PROGRAM PELATIHAN DI ALAM TERBUKA (OUTBOUND TRAINING)

 

 


 
PENDAHULUAN
Outbound training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen (bagian-bagian penting ) yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif. Alam ciptaan Allah swt, yang kaya menyediakan sumber belajar yang tidak akan pernah habis digali. Dimensi alam sebagai obyek pendidikan bisa menjadi laboratorium (ruang /kamar dst yang di lengkapi sarana atau alat untuk penyelidikan dan percobaan) sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikan dengan berbagai metodenya.


Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Para peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia (cara berfikir tepat dan terarah), tetapi juga fisik dan mental. Dan ini akan terus terlatih menjadi sebuah pengalaman yang membekali dirinya dalam menghadapi tantangan yang lebih nyata dalam persaingan di kehidupan sosial masyarakat.


Kegiatan outbound sendiri bertujuan menumbuhkan dan menciptakan suasana saling mendorong, mendukung serta memotivasi dalam sebuah kelompok. Selain mengembangkan kemampuan apresiasi atau kreativitas dan penghargaan terhadap perbedaan dalam sebuah kelompok juga memberikan kontribusi memupuk jiwa kepemimpinan, kemandirian, keberanian, percaya diri, tanggung jawab dan empati yang merupakan nilai dasar yang harus dimiliki setiap orang. Yang diterjemahkan melalui experiential learning yang akan memberikan pengalaman langsung kepada peserta pelatihan dengan simulasi permainan. Peserta langsung merasakan sukses dan gagal dalam pelaksanaan tugas.


Sisi menarik dari metode pembelajaran outbound adalah permainan sebagai bentuk penyampaiannya. Dalam permainan skill, individu tidak hanya ditantang berpikir cerdas namun juga memiliki kepekaan sosial. Dalam outbound peserta akan lebih banyak dituntut mengembangkan kemampuan ESQ (emotional and spiritual quotient)nya, disamping IQ (intellegent quotient). Metode outbound training memungkinkan peserta dalam aktivitasnya melakukan sentuhan-sentuhan fisik dengan latar alam yang terbuka sehingga diharapkan melahirkan kemampuan dan watak serta visi kepemimpinan yang mengandung nilai-nilai kejujuran, keterbukaan, toleransi, kepekaan yang mendalam, kecerdasan serta rasa kebersamaan dalam membangun hubungan antar manusia yang serasi dan dinamis.


TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi dan membantu tercapainya salah satu atau beberapa aspek dibawah ini, antara lain:

Aspek Idiologis spiritual :  
Obor tidak hanya memberikan edukasi yang bersifat skill dan kreativitas serta kekompakan Team dalam bekerja, namun dasar idiologis (aqidah) justru menjadi dasar edukasi guna memupuk moral dan akhlaq mereka agar kejujuran  bisa terbangun dalam kehidupan sosial yang aman.

Aspek Edukasi :

1.      Pengembangan tim (tim building)
Membangkitkan kepekaan dan saling pengertian antar kelompok
2.      Pengembangan kepemimpinan (leadership)
Mempertebal rasa kepercayaan diri dan Menumbuhkan motivasi dan berperan aktif
3. Pengelolaan perubahan (managing change)
Mengembangkan rasa keyakinan untuk mengubah sesuatu yang dianggap 'tidak mungkin' menjadi 'mungkin'
4. Pengembangan budaya organisasi (culture development)
Meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan
5. Perencanaan strategis (strategic planning)
 Menumbuhkan rasa keberanian mengambil resiko
6. Pengembangan diri (personal development)
 Melahirkan semangat baru yang nantinya menjadi energi baru






TARGET

1. Tersedianya wahana dan pengalaman kerjasama tim yang menyenangkan bagi peserta
2. Peserta berani mengaktualisasikan potensi-potensi dalam dirinya
3. Peserta lebih optimis dalam menghadapi lingkungan kerja selanjutnya.


METODE PELATIHAN


1. Permainan kelompok
2. Kerja kelompok
3. Petualangan individual
4. Ceramah (keterkaitan antara kegiatan simulasi dengan prinsip-prinsip manajemen)
5. Diskusi (refleksi kegiatan)


MATERI KEGIATAN

Pembangunan Moral Peserta
  Tausyiah menjelang  istirahat

 Daurah (penyampaian materi aqidah) metode sersan (serius tapi santai)

Qiyamul lail ( sholat tahajud berjama'ah)

Program tahfidz Qur'an & hafalan doa sehari-hari


Materi kegiatan dibagi menjadi 3 kategori:
1. Fun Games, permainan yang menekankan unsur-unsur koordinasi, konsentrasi dan kebersamaan

permainan kelompok

 







Game Kerja Kelompok





Game pengendalian diri/ketangkasan









Sang Jawara


"Penyantun itu bukan saja 
memberi bantuan 
dalam wujud materi 
akan tetapi memberikan pendidikan
dan bekal ilmu
merupakan santunan yang tidak kalah pentingnya"
Bani Mukhtar


















Demo Blog NJW V2 Updated at: 07.21

0 komentar:

Posting Komentar